Selasa, 07 Januari 2014

Cara Mudah BBM lewat PC/Laptop Dengan Genymotion Terbaru 2014 Versi 2.0.3

      Selamat sore sobat blogger semua,,kali ini saya ingin berbagi cara praktis instal Genymotion di PC/Laptop.  Buat anda yang sering gagal instal dan menjalankan Genymotion di PC/Laptop Anda mungkin ada baiknya anda simak baik-baik langkah demi langkah cara instal nya. Buat yang sudah tau dan sudah berhasil senyum aja ya :D .

       Sebelum kita mulai perlu anda ketahui dulu Specifikasi PC/Laptop anda karna File yg akan kita Instal ini lumayan besar. Pastikan RAM anda  minimal 1GB ,Processor 1,8 Ghz keatas agar PC/Laptop anda nantinya  tidak menjadi berat .

       OK sob Langsung aja kita mulai persiapannya ya :

1. Download dulu JAVA terbaru untuk PC/Laptop Anda,,tujuannya adalah agar semua vitur Android yang    ada di Genymotion bisa dijalankan PC/Laptop anda. Silahkan anda cari di Google atau kalau nggak mau  repot silahkan Download aja DISINI.  Setelah terdownload silahkan instal di PC/Laptop anda sepertiu  biasa.


2. Anda harus daftar akun Genymotion dulu dan dapatkan Genymotion terbaru secara gratis
  Silahkan Daftar DISINI  Klick Sign Up untuk Daftar,lalu masukkan Alamat Email dan password Anda.
 Setelah anda berhasil Daftar Silahkan anda buka Email anda dan Konfirmasikan Email yg sudah di kirimkan  pihak Genymotion kepada anda.

 Selanjutnya silahkan masuk lagi ke www.genymotion.com dan klik "Get Genymotion".  Pilih sesuai Device Anda. Buat yang Belum Instal Virtual Box di Pc/Laptop saya sarankan PILIH yang  "Windows 32/64 With Virtual Box.  Tapi buat anda yang sudah terlanjur instal Virtual Box Di PC/Laptop PILIH yang Windows 32/64 bits aja tanpa Virtual Box ,,lihat gambar di bawah ini
     Setelah anda memilih yg sesuai Device anda si;akan Menunggu proses Download berlangsung. Selanjutnya silahkan Instal genymotion dan Virtual Boxnya di PC/Laptop.

3. Genymotion ARM Translation download DISINI

4. Google Apps   Silahkan download DISINI,,,Pilih SESUAI Versi Android Yg anda instal Di Genymotion.

5. SDK File  Jika Perlu silahkan download DISINI . Pindahkan hasil download SDK File di dalam Folder , Contoh di Drive D : SDK File. 

UNTUK LANGKAH YG KE-4 BISA ANDA DOWNLOAD BELAKANGAN SETELAH SETTING DI GENYMOTION DAN VIRTUAL BOX SUDAH BENAR.

         OK  kalau semua persiapan sudah selesai Saatnya kita masuk ke Setting Genymotion dan Virtual Boxnya.
         Buka Genymotion yang sudah Di instal tadi,,Apabila anda di suruh memasukkan Username dan Password,masukkan username dan password yang tadi anda daftarkan di www.genymotion.com
Setelah Genymotion sudah terbuka Biasanya anda akan diminta untuk menambahkan Virtual Genymotion Klick saja OK atau Klick ADD untuk menambah Device Androidnya,,lihat gambar 


 
  
Sekarang Virtual Devices nya sudah tersedia gratiss untuk anda ,,tinggal anda pilih salah satu .
 Disini saya sarankan anda memilih Device yang paling atas dulu karna lebih enteng untuk PC/laptop anda yaitu Galaxy Nexus 4.1.1. API 16 720x1280        Lanjut Klick NEXT  tunggu sampai proses Download selesai. Proses download mungkin akan sedikit berlangsung lama tergantung kecepatan Koneksi Internet dan PC anda.       
      Setelah selesai ,,,Klik Setting pada Genymotion lalu Virtual Box lalu Browse dan cari SDK file yg tadi di download,contoh saya menaruh di D/MY GENYMOTIN/sdk lalu klik Choose Lihat gambar (Click Untuk Memperbesar) 



 Seterusnya ADB dan Misc  Lakukan Setting yang sama  dan biarkan dulu.
         
Sekarang tinggal Setting Virtual Boxnya,,Buka Virtual Box nya lalu klik Setting... 
    

Klik Pengaturan/setting "UMUM" sesuaikan dengan OS anda,,Contoh saya Menggunakan Microsoft Windows Windows 7.
  Selanjutnya Setting "System",,Sesuaikan Memory Ram Jangan terlalu besar memberiikan RAM karna akan berdampak buruk terhadap kinerja pc anda nantinya  CUKUP 512 MB SAJA.
   Seterusnya "PROCESSOR" Jangan Berikan 2 CPU yg tersedia di settingan Devault,,CUKUP 1CPU SAJA,,karna kalau anda memberi lebih akan berdampak buruk pada PC anda,,bisa-bisa PC anda nangis ketika disuruh menjalankan Genymotion :D Hahahahah.......Tapi Ini Serius lho !!!!!
    Yang Terakhir yang perlu di setting adalah "Display" atau "Tampilan",,,,, Terutama pada settingan Video,,Settingan video Devaultnya biasanya sekitar 4MB,,,,sungguh terlalu kecil untuk menjalankan Grafik Di android PC anda,,setting setidaknya 32MB atau 64MB,,jangan terlalu besar,,,kasian PC anda   :D .
    Setelah semua Setting sudah benar silahkan klik OK,,,sekarang saatnya menjalankan Virtual Device nya.
Klik Start ATAU MULAI dalam bahasa Indonesianya :D    ,,lihat Gambar


   Taraaaaaaaaaaaaaa.......Mantap Kan Android Nexus 4.1.1 Jelly Bean Sudah terpasang megah  Di PC/Laptop Anda.... Sekarang silahkan Close/tutup dan pilih matikan mesin/OFF lihat gamabr 





     Selanjutnya Buka Genymotion anda dan klik Play,,,,,Kalau pertama di buka kadang muncul Error atau tidak bisa di buka silahkan Close  dulu lalu coba buka kembali Genymotion anda ,,seperti ini 


   
 


   Gimana cukup melelahkan bukan???  :D  ,Tapi perjuangan anda sesuai dengan hasil yuang didapat kok :P 
 Bagaimana Tidak,,sekarang anda sudah punya android Jelly Bean di PC/Laptop dan dapat menjalankan semua aplikasi yg ada layaknya Jelly Bean Sungguhan.

  
     
                      
                      Tapi sabar dulu sobat blogger,,,,Genyomtion Android anda masih ada yang kurang.  Sebagai perbedaan antara Genymotion versi lama yaitu versi 1.0.3 dengan yang sekarang versi 2.0.3 adalah di bagian Google applikasinya dimana yg versi terbaru tidak menyertakan Google App di setiap Virtual Devicenya.  
Tapi jangan sedih dulu kita masih bisa menginstal google app nya secara manual.
        Lihat kembali langkah ke-3 diatas,,,silahkan buka file ZIPnya yaitu 
Genymotion ARM Translation yang tadi sudah anda Download,
Caranya sangat mudah buka Folder tempat anda menaruh Genymotion ARM Translationnya lalu Drag ke layar Androidnya pada posisi Home Menu. 



           UPDATE GAN  :
Genymotion yang terbaru sekarang adalah versi 2.3.0 jauh lebih stabil dibanding vesi 2.0.3 terutama di bagian Audio tidak putus2 lagi tapi sayang tidak support ARM Translation,sementara syarat wajib untuk bisa instal BBM harus ada ARM,jadi gimana Solusinya??????  
      Tenang dulu gan masih bisa kok seperti biasa dengan cara men Drag file ARM Translation nya dari folder di komputer ke Home screen,bila ada peringatan "File Genymotion ARM translation-v1.1 zip seem to be a flasheble archive" klik saja OK sampai sukses.  Tapi harus langsung Restart Genymotionnya setelah sukses menDrag.  Setelah itu buka Genymotion lagi dan  lakukan hal yang sama pada GoogleApps nya,,setelah sukses restart dulu jangan langsung daftarkan Akun Google nya. Daftar Google nya setelah Restart Genymotion aja. 





      

      Kalau langkah2 tadi anda ikuti dengan benar pasti Google app beserta Playstore nya sudah terinstal di Genymotion.
      Cukup mudah bukan???   Nah sekarang anda sudah benar2 siap menggunakan Emulator Android anda,,Silahkan masukkan Email anda untuk mengaktifkan Playstorenya.  Lalu Download aplikasi sesuka anda termasuk BBM nya.
      Untuk download BBM buka Play Store klik Pencarian ketik bbm for android lalu pilih BBM Limited seterusnya tinggal Downloud n instal ,, untuk jelasnya lihat gambar 




        
       Selanjutnya Buka BBM anda dan silahkan daftar ( saya anggap anda sudah bisa dlm proses pendaftaran )  O iya jangan lupa INVITE BBM saya ya 7D0AB286
Demikian tutorial Cara Instal Genymotion terbaru di PC/Laptop kali ini,,semoga anda sukses..........
Kalau ada langkah2 yg salah atau kurang jelas silahkan Berkomentar dengan sopan....

x

100 komentar:

  1. cara restart gimana ? saya pake shutdown tapi lama banget

    BalasHapus
  2. kok , playstore nya gak muncul padahal udah bener kok :(

    BalasHapus
  3. saya flash googleapp ko katanya bermasalah yah g sukses seperti instal arm nya
    mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Anggi permana coba di lihat lagi versi Google app nya apa udah sesuai dengan versi android yg di instal di Genymotion

      Hapus
  4. kalo zip google app itu fungsinya buat apa?

    BalasHapus
  5. cuma keluar tulisan android aja, mohon pencerahannya??? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matikan semua programyg berjalan di komputer melalui Task manager,,mungkin terlalu berat,,semoga sukses gan

      Hapus
  6. cuma muncul tulisan android juga nih XD, gimana?

    BalasHapus
  7. bbm tidak bisa berjalan di emulator ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok Gan,,,,,download BBM yg terbaru di Play store

      Hapus
  8. ga bisa gan.....
    Unable Load VirtualBox engine..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Restart Genymotion nya dulu gan,,,,priksa Virtualisasi PC agan apa udah di Enable apa belum,,lihat di booting,,,upgrade juga VGA Card Pc agan,,semoga membantu

      Hapus
    2. Cara liat di booting gimana?

      Hapus
  9. kenapa filenya gak bisa di drag ke homescreen ya gan? tlong bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Priksa file ARM nya apa sudah di download,,klo sudah Drag ke Home Screen Androidnya,,atau bisa juga dengan copy file ARM nya lalu Pastekan ke Home screen,,setelah terinstal baru Drag Google App nya

      Hapus
  10. link nmer 3 gak bisa di buka trus file ARMnya gak bisa di drag
    mohon bantuannya. nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ARM translator nya coba download di link ini http://filetrip.net/dl?4SUOrdcMRv semoga membantu

      Hapus
  11. Mohon maaf agan smua baru bs bls karna jarang buka blog maklum karna kesibukan di dunia nyata

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Utk ms yogy irawan ...link nmr 3 mgkn sudah rusak,solusinya coba cari di google caja dgn kata kunci genymotion arm translation ,,smg membantu

    BalasHapus
  14. Sama2 gan mksh atas kunjungannya ya :)

    BalasHapus
  15. salam kenal gan saya mau tanya

    3. Genymotion ARM Translation download DISINI

    Linknya rusak ya ? "Not Found"

    terimaksih sebelumnya atas infonya

    BalasHapus
  16. permisi gan..untuk ganti devicenya gimana ya??? apa harus ulang dri awal??
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
  17. gan, saya udah berhasil install di android versi brapapun,,app store ok semua sesuai petunjuk agan
    tapi kok mau install let's get rich g bisa ya,,,padahal kan udah android jb...saya jg pake device samsung s4, masak s4 g support get rich ??
    mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  18. kok aplikasi playstorenya engga ada ya bro ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas aditya pratama...makasih atas kunjungannya...memang playstorenya tidak ada makanya di instal secara manual caranya lihat langkah 3 dan 4,,semoga sukses Gan..

      Hapus
  19. Untuk langkah ke 3 dan ke 4 Link nya sudah diperbaiki,,makasih atas infonya agan semua ......

    BalasHapus
  20. playstore sudah ada,tapi pas masuk bbm kok malah mental ke homescren lagi ya bro ?
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bs gitu ya..yg saya alami malah lancar2 aja mas..coba matikan dulu browsing di laptop/pc nya..atau cari bbm apk terbaru di google..

      Hapus
  21. gan, ini ane udah kelar semua instal2 an nya..
    terus translation nya juga udah sukses..
    pas nge drag Gapps nya yg v 4.3 (kebetulan make sony experia z 4.3) juga udah sukses.. tapi pas udah di restart kenapa play store nya ga ada ya?
    mohon pencerahan nya dong gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di drag ulang googleapp nya lalu restart kembali genymotionnya...smoga sukses ya gan..

      Hapus
    2. tetap ga keluar gan.. udah berulang ulang kali dicoba makanya ditanya gan, hahaha.. maaf ngeganggu ya gan..

      Hapus
    3. Waduuh kok bisa gitu ya gan hahaha... coba ganti googleappnya dgn versi yg sama tentunya tp di situs yg lain coba aja serching di google byk kok gan..maaf loh gan gak bisa mencarikan link yg sesuai untuk saat ini berhubung lagi di tempat cangkulan hehehe...smg membantu ya gan..

      Hapus
    4. O iya gan sbg tambahan google app itu bentuk filenya adalah zip jangan di convert ya..jd langsung copy paste aja/drag jg bisa file zipnya tanpa di convert

      Hapus
    5. ga di convert kok gan, btw udah bisa nih gan.. thx ya :D

      Hapus
  22. gw kok gk bisa diplay di genymotionnya gan ?? beri solusi dong

    BalasHapus
  23. GAn kenapa Unable to start the genymotion virtual device??????? Mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas klo boleh tau spesifikasi pc/laptop nya seperti apa mohon di jelaskan trima kasih

      Hapus
  24. install BBM itu harus pke hp kita kah ? yang android ..
    hp ane bukan android gan..
    tapi bisa kha install BBM di pc ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini kita menggunakan emulator android namanya genymotion yg dimana genymotion ini sendiri bisa menjalankan android dan semua aplikasinya di komputer,jd kesimpulannya genymotion inilah pengganti android yg sebenarnya.

      Hapus
  25. gan ini keneapa kok tulisannya eror pas arm ane drag ke genymotion?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama gan, error ga bisa flash ke home screen -_-

      Hapus
  26. sipp gan...ane dh cobain n 100% work.. tp kmra apliksi kmera nya kg ngx mw detect d laptop eea gan.. tolong pncerahan nya gann... ;-)

    BalasHapus
  27. Gan ane mau tanya setiap mau masuk
    ke Genymotion kok langsung bilang kaya:
    Gni gan
    Unable to load VirtualBox engine

    Unable to load virtualBox engine
    Make sure that you have installed it correctly before starting Genymontion
    For more information. refer to
    https://genymotion.com/page/faq/#vbox
    tolong gan di bales ya...
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat agan semua yg masih gagal Coba download dulu SDK File ,,memang tidak harus sih tapi bagi sebagian memang Genymotion tidak berjalan lancar tanpa SDK File,,silahkan download disini http://developer.android.com/sdk/index.html#win-bundle sesuaikan dengan versi Windows agan,,semoga membantu

      Hapus
  28. thanks bnget gan work 100% :D

    BalasHapus
  29. Sama2 gan...smg makin sukses :D

    BalasHapus
  30. Gan, Kok pas ane buka virtual device di Genymotion lama bgt kerjannya, pdhl pas di virtual box bisa dan cepat .. Banntuu

    BalasHapus
  31. Mksh gan udah berkunjung ke blog ane yg usang ini...klo untuk genymotion yg bukanya lama solusinya buka genymotion agan ĴªŇбåñ di play dulu..perhatikan di setiap virtual device nya ada menu setting..contoh nexus 4.2 lihat ke sebelah kanan ada setting lambangnya Gambar Kunci..buka setting tersebut sesuaikan ukuran layar tampilannya coba yg terkecil dulu gan misalnya 480x800 pixel...coba sampai ketemu ukuran layar mana yg paling enteng di PC/laptop agan..semoga sukses ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan juga modem agan udah terkoneksi sebelum membuka genymotion karna setiap membuka genymotion biasanya akan log in secara otomatis

      Hapus
    2. Patah - patah deh gan, ram dikomputer ane 2gb, trus udh ane ubah di settingannya jadi 512mb ..

      Hapus
    3. RAM 2GB seharusnya udah cukup menjalankan genymotion coba kurangi aplikasi yg kurang perlu di pc agan karna genymotion memang memakan ram yg lumayan besar gan...gunakan setting layar android yg kecil aza misalnya 400x800 API 16

      Hapus
  32. salam
    tanya mas..
    di virtual box ketika menjalankan ada pesan : cannot fint /system/bin/dbus-daemon' , disabling 'dbus'
    init : untracked pid xxx exited

    terima kasih

    BalasHapus
  33. Kok virtual box aku setting nya ke block yaa???
    Trus kok bahasa nya korea gtu sihh??? [meskipun aku tau artinya...]
    Please bales yaa... Thanks...

    BalasHapus
  34. Misi gan,, ARM.nya kok gak bisa ke drag ya?? Saya juga sudah coba copy file ARM.nya tapi gak bisa di pastekan.. mohon petunjuknya gan.. Makasih sebelumnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa koq gan. ..drag file zipnya ĴªŇбåñ di convert

      Hapus
  35. Untuk saat ini sudah menggunakan Genymotion versi terbaru 2.3.0 jauh lebih stabil terutama di bagian audio nya tapi tidak support ARM Translation sementara syarat utama untuk bisa BBM harus ada ARM Translation. Solusinya adalah setelah file ZIP ARM Translation V 1.1 sukses anda Drag segera Restart / matikan genymotion baru hidupkan kembali,setelah itu baru Drag lagi Gapps sesuai versi device anda lalu Restart lagi geny nya.

    BalasHapus
  36. Permisi, mau tanya. Ini kok BBM nya gak bisa jalan yah, sudah di install. maksudnya pas dijalanin langsung keluar gitu. itu masalahnya apa yah ?

    Mohon berikan pencerahannya. Trima Kasih~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mgkn ARM nya blm sukses di drag gan,pastikan versi genymotion dgn virtualbox nya sepasang

      Hapus
    2. Kalau sukses nya itu muncul apa yah ? dan trus, cara ngerestart genymotion nya gmn pula ? dan maksudnya versi genymotion dgn virtualbox nya harus sepasang gmn ?

      Hapus
  37. Instal Genymotion with virtual boxnya jangan terpisah ( genymotion only). Setelah sukses flash ARM biasanya ada notification ARM Zip file has been succesfull flash to genymotion atau semacamnya. Pastikan juga devicenya android versi 4.1 keatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal udah drag ARM Translation V 1.1 dan gapps android device versi 4.1 sesuai di virtual device yang di genymotion. tapi, gak bisa download gi google apps,, not allowed ANDRIOD DEVICE MOBILE ya ???

      ada info gitu,, ANDRIOD DEVICE MOBILE

      Hapus
  38. Keren gan .. postingannya step per step screenshot (Y).
    di blog saya ada cara menginstal Windows 8 dengan virtualbox
    kesini gan..
    andanakun.blogspot.com
    maaf numpang ya.. :D

    BalasHapus
  39. Siipp gan....mksh sudah berkunjung...

    BalasHapus
  40. saat Buka Genymotion, dan klik Play, kenapa malah Error terus gan? padahal udah di close trus open berkali-kali

    BalasHapus
  41. haloo , mas saya mau nanya kok ini saat bermain getrich gambar / gerakan saat di game agak berat ya like a blues*ack ? atau emang seperti itu ? kalo ada solusi mohon penjelasannya ^.^

    BalasHapus
  42. Gan saya kan download APK nya diluar trs bagaimana cara masukinnya di drag aje ya gan?????

    BalasHapus
  43. Gan kok di play store nya gak ada aplikasi bbm ya :( tolong bantu buat versi galaksi s5 nya .....

    BalasHapus
  44. kog lemot yaa kursor di androidnya posisi NB

    BalasHapus
  45. gan, mau tnya.,
    genymotin n bbm udah terinstall
    tapi waktu buka BBMnya, cma muncul bakcground biru hitam plus icon bbmnya aja gan.,
    itu kira2 knpa ya gan?
    thanks

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Sebelumnya makasih banyak ya!
    Tapi ada beberapa hal yg saya belum ngerti...
    Saya menggunakan virtual box versi 3.2.1
    Di genymotion personal use > settings, saya sudah browse file SDK di VirtualBox...
    Tapi di bagian ADB dan Misc itu yg saya bingung,
    di bagian ADB saya sudah coba browse file SDKnya tapi katanya "android sdk files not found in this location", terus saya pilih saja yg "use genymotion android tools (default)" apakah langkah yg ini salah? Kalau saja nati error gara-gara salah set.
    Kalo di misc tidak ada pilihan untuk browse file SDK, emang gitu ya?

    Yg kedua cara instal aplikasi bagaimana?
    Ketiga cara instal ARM Translationnya itu bagaimana?
    Terakhir knpa ya pointer mouse pas main agak ngelag/lambat, gimana biar lancar?
    Maaf bnyk tanya, mohon bantuannya

    BalasHapus
  48. kok nggak ada play storenya Gan
    .
    Mohon di balas
    terima kasih

    BalasHapus
  49. gan mau tanya kira-kira buat maen Get Rich bisa ga? mohon pencerahannya . :)

    BalasHapus
  50. Gan mau tanya download sdk nya formatnya yang mana ya ? For windows

    BalasHapus
  51. Balasan
    1. hah??? mau brp lg yg di share ke virtual device nya klo ram segitu T_T

      Hapus
  52. pada abis mulu baterainya ya gara2 game mknya pake emulator?
    sama dong... ^____^

    BalasHapus
  53. kenapa saat diinstall arm dan app ya tidak dibisa..

    BalasHapus
  54. apakah harus menggunakan Java SE devoleper kid JDK

    BalasHapus
  55. GAN yang langkah ke 5
    yang DI DOWNLOAD itu SDK TOOLS ONLY atau ALL ANDROID STUDIO ..?

    BalasHapus
  56. permisi master,saya dah ikuti tutorial...berhasil.namun saat drag n flash sll gagal,mhon solusinya ,terima kasih

    BalasHapus
  57. mas.. Playstore sudah di instal tapi kenapa gak bisa dibuka??

    BalasHapus
  58. blog varokah step per step semoga tmbah jaya
    oh ya jgn lupa berkunjung ke blog saya www.gamegamepopuler.com :D

    BalasHapus
  59. kok ga bisa ya gaan?? malah ga muncul apa2 gtu??

    BalasHapus
  60. Genymotion bagi saya ringan dan mudah dan fleksibel bisa pilih2 device bahkan bisa buka beberapa device secara bersamaan. silahkan mampir kalau mau lihat genymotion di pc

    BalasHapus
  61. ini info menarik
    bagaimana cara memory laptop ditambah
    terima kasih

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Seterusnya ADB dan Misc Lakukan Setting yang sama dan biarkan dulu. gan klo kalimat diatas ini maksud nya apa yah...? trims

    BalasHapus
  64. Failed to create the VirtualBoxClient COM object.
    The application will now terminate.
    RC Pemanggil: REGDB_E_CLASSNOTREG (0x80040154)

    Ini maksudnya kenapa gan?

    BalasHapus
  65. gan punya saya ram 2gb pr 1,8 - 1,9 Ghz
    saya sdh ikutin smua stepnya, d vrtual box sukses tp pas d geny ko ga bsa ya gan
    unable to start virtual device... mohon pencerahannya

    BalasHapus
  66. GAN GW UDAH KE DOWNLOAD BBM NYA TAPI GAK BISA KE BUKA, LODING MULU BBM NYA, TOLONG PENCERAHANNYA

    BalasHapus